Hutasuhut, Nanda Amalia (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Siswa SMK Pelayaran Buana Bahari Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156171054 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 8156171054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
3. NIM. 8156171054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8156171054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM. 8156171054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 8156171054 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 8156171054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
8. NIM. 8156171054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8156171054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
13. NIM. 8156171054 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan; 3) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap. Perangkat Pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan pada tahap implementasi memperoleh rata-rata nilai pretest 71,5 dan nilai posttest 82,67, dan meningkat pada tahap evaluasi dengan rata-rata nilai pretest 79,67 dan nilai posttest 86,08; 3) terdapat peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan pada tahap implementasi memperoleh rata-rata 50,02% dan meningkat pada evaluasi dengan rata-rata 87,64%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Hut p |
Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran; model addie; saintifik; kemampuan komunikasi matematis; aktivitas siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 05:12 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 05:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38891 |