Hakim, Abdul Rahman (2013) UPAYA PENGUATAN STRUKTUR KOGNITIF SISWA SMK N 1 ARSE KELAS XII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN PEMBERIAN LKS TERSTRUKTUR BERDASARKAN TEORI APOS. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106176002 Judul.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. 8106176002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 8106176002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. 8106176002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5. 8106176002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. 8106176002 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. 8106176002 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. 8106176002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. 8106176002 Bab I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
10. 8106176002 Bab V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
11. 8106176002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) Meningkatkan struktur kognitif siswa dengan menerapkan model pembelajaran Advance Organizer dengan pemberian LKS Terstruktur berdasarkan teori APOS, (2) Meningkatkan aktivitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran Advance Organizer dengan pemberian LKS Terstruktur berdasarkan teori APOS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Arse Tapanuli Selatan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Agribisnis Tanaman Pangan/Hortikultura tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 31 orang yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Objek pada penelitian ini adalah penguatan struktur kognitif yang diukur melalui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Advance Organizer melalui pemberian LKS Terstruktur berdasarkan teori APOS. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, siklus pertama terdiri dari 3 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 4 pertemuan. Tes struktur kognitif dilakukan di akhir setiap siklus. Tes struktur kognitif terdiri dari 15 soal. Hasil penelitian yaitu : (1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XII Agribisnis Tanaman Pangan/Hortikultura SMK Negeri 1 Arse yang menunjukkan adanya peningkatan penguatan struktur kognitif yang ditunjukkan dari: (a) Tes hasil belajar siswa pada siklus pertama, yaitu : rata-rata = 63,66 ; persentase ketuntasan = 41,94 %, (b) Tes hasil belajar siswa pada siklus kedua, yaitu : rata-rata = 82,58 ; persentase ketuntasan 90,32%. Peningkatan persentase ketuntasan 48,39%; dan indeks gain 0,51 atau dengan kriteria peningkatan sedang. (2) Terdapat peningkatan aktifitas belajar siswa kelas XII Agribisnis Tanaman Pangan/Hortikultura SMK Negeri 1 Arse yang ditunjukkan dari : siklus pertama hanya rata-rata 59,72 menjadi 74,47 pada siklus kedua. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi guru dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Advance Organizer melalui pemberian LKS Terstruktur berdasarkan teori APOS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Hak u |
Keywords: | Fisika; Advance organizer; LKS terstruktur; Teori apos; Struktur kognitif siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 May 2016 22:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3877 |