Hartono, Makmur (2013) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN BANTUAN PETA KONSEP. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106175011 Judul.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. 8106175011 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
3. 8106175011 Abstrak.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. 8106175011 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. 8106175011 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
7. 8106175011 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. 8106175011 Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. 8106175011 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. 8106175011 Bab I.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
10. 8106175011 Bab V.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
11. 8106175011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
12. 8106175011 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa pada model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung, (2) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa yang memiliki pemahaman konsep rendah dan pemahaman konsep tinggi, (3) Interaksi antara model pembelajaran dengan pemahaman konsep untuk meningkatkan pemecahan masalah Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA N 1 Kutacane. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random class. Instrumen yang digunakan terdiri dari : 1). Tes Pemahaman Konsep, dan 2). Kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk essay. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Kemampuan pemecahan masalah Fisika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah Fisika menggunakan pembelajaran langsung pada materi sifat-sifat gelombang cahaya, 2). Kemampuan pemecahan masalah Fisika pada kelompok siswa konsep tinggi lebih baik dibandingkan kemampuan pemecahan masalah Fisika pada kelompok siswa konsep rendah pada materi sifat-sifat gelombang cahaya, 3). Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung dengan pemahaman konsep untuk meningkatkan pemecahan masalah fisika siswa pada materi sifat-sifat gelombang cahaya kelas XII SMA N 1 Kutacane.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Har a |
Keywords: | Fisika; Peta konsep; Pembelajaran langsung; Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 May 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3872 |