Harahap, Dharma Gyta Sari (2013) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CAMTASIA DAN GAMBAR DIAM DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN, DAN RETENSI BIOLOGI SISWA DI SMP NEGERI 4 PADANG SIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106173024 Judul.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
2. 8106173024 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (755kB) | Preview
3. 8106173024 Abstrak.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
4. 8106173024 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. 8106173024 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
6. 8106173024 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
7. 8106173024 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
8. 8106173024 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
9. 8106173024 Bab I.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
10. 8106173024 Bab V.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
11. 8106173024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar (2) Kemampuan mendeskripsikan, (3) Retensi biologi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media camtasia dan gambar diam pada penerapan strategi pembelajaran langsung pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas VIII SMP N 4 Padang Sidempuan. Metode penelitian menggunakan quasi-eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling yaitu kelas A yang dibelajarkan dengan menggunakan camtasia pada penerapan strategi pembelajaran langsung dan kelas B yang dibelajarkan dengan menggunakan gambar diam pada penerapan strategi pembelajaran langsung. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan tes kemampuan mendeskripsikan.Teknik analisis data menggunakan analisis Independent Sample t test pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 19.0. Hasil penelitian menunjukan : (1) hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan camtasia lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan gambar diam pada penerapan strategi pembelajaran langsung (75,77:71,20) dengan perbedaan yang signifikan secara statistik (t = 3,94; P = 0,00), (2) kemampuan mendeskripsikan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan camtasia lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan gambar diam pada penerapan strategi pembelajaran langsung (68,11:53,54) dengan perbedaan yang signifikan secara statistik (t = 12,41; P = 0,00), (3) retensi biologi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan camtasia lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan gambar diam pada penerapan strategi pembelajaran langsung (56,80:50,77) dengan perbedaan yang signifikan secara statistik (t = 3,56; P = 0,00). Hasil belajar, kemampuan mendeskripsikan dan retensi biologi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan camtasia pada penerapan strategi pembelajaran langsung secara signifikan lebih tinggi dari pada menggunakan media gambar. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menggunakan media camtasia pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dalal upaya meningkatkan hasil belajar, kemampuan mendeskripsikan, dan retensi biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Har p |
Keywords: | Biologi; Camtasia; Retensi; Gambar diam; Pembelajaran langsung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 May 2016 09:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3853 |