PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA BERDASARKAN GENDER MELALUI PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING DI MTs ULUMUL QUR’AN LANGSA

Julianti (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA BERDASARKAN GENDER MELALUI PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING DI MTs ULUMUL QUR’AN LANGSA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136172046 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136172046 COVER.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136172046 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136172046 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136172046 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136172046 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136172046 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136172046 PREFACE.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136172046 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136172046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136172046 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136172046 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136172046 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136172046 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136172046 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136172046 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (839kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8136172046 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8136172046 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136172046 BLIBIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136172046 BLIBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis siswa selama ini masih rendah dan berdasarkan emosional siswa pun kurang sehingga siswa menjadi kurang aktif. Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan model Brain Based Learning yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengasah kemampuan penalaran matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah (1) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan gender terhadap siswa yang di beri model pembelajaran Brain Based Learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) perbedaan peningkatan kemampuan kecerdasan emosinal siswa berdasarkan gender terhadap siswa yang di beri model pembelajaran Brain Based Learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) interaksi antara gender dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan penalaran siswa, dan (4) interaksi antara gender dan pembelajaran terhadap peningkatan kecerdasan emosinal siswa. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ulumul Qur’an Langsa, sedangkan sampel diambil secara acak (random sampling) dan terpilih kelas VIII Ibnu Abbas sebagai kelas eksperimen diberi model pembelajaran Brain Based Learning sementara kelas VIII Zainab Binti Jahas sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran biasa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan anava satu jalur dan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan gender terhadap siswa yang diberi model pembelajaran Brain Based Learning dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, dimana peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi model pembelajaran Brain Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan kecerdasan emosinal siswa berdasarkan gender terhadap siswa yang di beri model pembelajaran Brain Based Learning dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, dimana peningkatan kecerdasan emosional siswa yang diberi model pembelajaran Brain Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa (3) Terdapat interaksi antara gender dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan penalaran siswa, dan (4) Terdapat interaksi antara gender dan pembelajaran terhadap peningkatan kecerdasan emosinal siswa. Temuan penelitian merekomendasikan bahwa model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.711 Jul p
Keywords: Emosional; Gender; Kecerdasan; Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:07
Last Modified: 18 Feb 2020 07:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38471

Actions (login required)

View Item
View Item