Julianti (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA BERDASARKAN GENDER MELALUI PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING DI MTs ULUMUL QUR’AN LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136172046 COVER.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
2. NIM. 8136172046 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
3. NIM. 8136172046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4. NIM. 8136172046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM. 8136172046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 8136172046 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 8136172046 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8136172046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
12. NIM. 8136172046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
13. NIM. 8136172046 BLIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
Abstract
Kemampuan penalaran matematis siswa selama ini masih rendah dan berdasarkan emosional siswa pun kurang sehingga siswa menjadi kurang aktif. Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan model Brain Based Learning yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengasah kemampuan penalaran matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah (1) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan gender terhadap siswa yang di beri model pembelajaran Brain Based Learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) perbedaan peningkatan kemampuan kecerdasan emosinal siswa berdasarkan gender terhadap siswa yang di beri model pembelajaran Brain Based Learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) interaksi antara gender dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan penalaran siswa, dan (4) interaksi antara gender dan pembelajaran terhadap peningkatan kecerdasan emosinal siswa. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ulumul Qur’an Langsa, sedangkan sampel diambil secara acak (random sampling) dan terpilih kelas VIII Ibnu Abbas sebagai kelas eksperimen diberi model pembelajaran Brain Based Learning sementara kelas VIII Zainab Binti Jahas sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran biasa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan anava satu jalur dan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan gender terhadap siswa yang diberi model pembelajaran Brain Based Learning dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, dimana peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi model pembelajaran Brain Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan kecerdasan emosinal siswa berdasarkan gender terhadap siswa yang di beri model pembelajaran Brain Based Learning dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa, dimana peningkatan kecerdasan emosional siswa yang diberi model pembelajaran Brain Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa (3) Terdapat interaksi antara gender dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan penalaran siswa, dan (4) Terdapat interaksi antara gender dan pembelajaran terhadap peningkatan kecerdasan emosinal siswa. Temuan penelitian merekomendasikan bahwa model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi berpikir tingkat tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.711 Jul p |
Keywords: | Emosional; Gender; Kecerdasan; Pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 07:07 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38471 |