Siregar, Anisha Faradiba (2020) PERANAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS IX DI SMP SWASTA PRAYATNA MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4151111003 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2 NIM. 4151111003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
3 NIM. 4151111003 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4 NIM. 4151111003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5 NIM. 4151111003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6 NIM. 4151111003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7 NIM. 4151111003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8 NIM. 4151111003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9 NIM. 4151111003 BAB I.pdf - Published Version
Download (831kB) | Preview
13 NIM. 4151111003 BAB V.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
14 NIM. 4151111003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian yang dilakukan di SMP Swasta Prayatna Medan ini bertujua unutk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran matematika berbasis blended learning dapat meningkatkan komunikasi matematika siswa kelas IX di SMP Swasta Prayatna Medan T.P. 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMP Swasta Prayatna Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 1 kelas yaitu kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 siswa. Sebagai alat pengumpul data digunakan data pretest dan posttest dalam bentuk test uraian, dimana pretest berjumlah 4 soal dan posttest berjumlah 6 soal yang sudah divalidkan. Berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematika skor data pretest siswa pada indikator menulis matematika adalah 5, indikator menggambar adalah 4.94, dan indikator ekspresi matematika adalah 2.91 sedangkan skor data posttest siswa pada indikator menulis matematika 9.51, indikator menggambar matematika 4.89, dan indikator ekpresi matematika adalah 3.74. Dengan menggunakan uji hipotesis dua arah diperoleh t_hitung=3.07283 dan t_tabel=2.0322 dengan taraf signifikansi α=0.05 sehingga t_hitung>t_tabel. Dengan demikian H_0 ditolak dan H_a diterima maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran blended learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa di SMP Swasta Prayatna Medan secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 006 |
Keywords: | Blended Learning, Komunikas Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:43 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38381 |