SIHOMBING, SARIFAH AINUN (2020) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DIPADU MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA PANCA BUDI MEDAN T.P. 2019-2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153321034 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM 4153321034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM 4153321034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. NIM 4153321034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. NIM 4153321034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM 4153321034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7. NIM 4153321034 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4153321034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4153321034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM 4153321034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM 4153321034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dipadu mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi Gerak Lurus di kelas X MIA SMA Panca Budi Medan tahun ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Panca Budi Medan tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dipadu mind mapping dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa adalah tes hasil belajar berbetuk essay dengan jumlah 9 soal yang sudah divalidasi, lembar penilaian aktivitas belajar siswa, dan penilaian mind mapping.
Analisis data pretes dan postes diperoleh bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh dan , hal ini menyatakan bahwa yang memiliki arti bahwa kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak α = 0,05 dan dk = 48 diperoleh dan , sehingga maka hipotesis (H0) ditolak dan terima hipotesis (Ha ) dengan demikian ada perbedaan yang signifikan dari pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dipadu mind mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Gerak Lurus di SMA Panca Budi Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 006 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI); mind mapping; HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:42 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38356 |