RAHAYU, CHINTIA (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN TORTOR SOMBAH SIMALUNGUN BERBASIS WEB BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA ERIA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153141006 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 2153141006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
3. NIM. 2153141006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 2153141006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. NIM. 2153141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
6. NIM. 2153141006 TABLES.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
7. NIM. 2153141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 2153141006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
10. NIM. 2153141006 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
11. NIM. 2153141006 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (984kB) | Preview
12. NIM. 2153141006 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 2153141006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 2153141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
15. NIM. 2153141006 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa pada materi Tor-Tor Sombah Simalungun berbasis web based learning di sekolah SMP Swasta Eria Medan. Penelitian ini menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik penelitian seperti Media Pembelajaran Berbasis Web oleh Herman
Santoso, Penerapan Media E-Learning oleh Tugiyo Aminoto dan Hairul Phatoni, dan lainnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental one grub pretes dan postes. Sampel penelitian terdiri dari 1 kelas yaitu kelas VII SMP Swasta Eria Medan. Pemeilihan kelas dilakukan secara random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaiu aspek pengamatan guru dan belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran tari Tor-Tor Sombah Simalungun berbasis media web based learning mengalami peningkatan sangat signifikan antara proses pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran web based learning dengan proses pembelajaran yang tidak menggunakan web based learning memiliki persentase 26,12%. Nilai thiung yaitu sebesar 12,664, sedangkan ttabel yaitu sebesar 0,683. Maka thitung > ttabel dapat disimpulkan Ha diterima, yaitu terdapat adanya peningkatan pencapaian pembelajaran Tor-Tor Sombah Simalungun sebelum dan sesudah diterapkan media Web Based Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 TARI 014 |
Keywords: | Pembelajaran Tortor Sombah Simalungun, Media Web Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:41 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 08:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38334 |