RITONGA, HERLINA SARI (2019) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN MATLAB DI KELAS VIII SMPS AR-RAHMAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4151111031 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4151111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
3. NIM. 4151111031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
4. NIM. 4151111031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
5. NIM. 4151111031 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM. 4151111031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. NIM. 4151111031 TABLES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM. 4151111031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
9. NIM. 4151111031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (920kB) | Preview
13. NIM. 4151111031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
14. NIM. 4151111031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model problem based learning berbantuan media pembelajaran matlab. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reseach), dimana pelaksanaannya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan pengumpulan data, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPS Ar-Rahman yang berjumlah 20 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan pemahaman konsep matematika dengan model problem based learning berbantuan media pembelajaran matlab di kelas VIII SMPS Ar Rahman T.A 2019/2020.
Penelitian ini dibagi atas 2 siklus, dimana siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Sebelum diberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal kepada siswa. Pada setiap akhir siklus, diberikan tes pemahaman konsep matematika yang dikerjakan oleh masing-masing siswa. Dari hasil analisis data yang dilakukan, terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diperoleh setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan model problem based learning berbantuan media pembelajaran matlab. Berdasarkan data yang diperoleh tes pemahaman konsep yang diberikan kepada siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 66,98 dan meningkat pada siklus II menjadi 86,56. Selain itu diperoleh peningkatan ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa (45%) pada siklus I meningkat menjadi 20 siswa (100%) pada siklus II dan sudah mencukupi syarat ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85% siswa yang mencapai tes kemampuan pemahaman konsep ≥79. Berdasarkan gain skor diperoleh peningkatan rata-rata sebesar 0,59 yaitu dalam kategori sedang.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan media pembelajaran matlab dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPS Ar-Rahman T.A. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 037 |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING, MATLAB, PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:22 |
Last Modified: | 28 May 2020 23:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38067 |