KHAIRUNNISA, FADHILAH (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII MTS AL-JAMIYATUL WASHLIYAH TEMBUNG T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4153111021 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 4153111021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM 4153111021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM 4153111021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM 4153111021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM 4153111021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 4153111021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 4153111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 4153111021 BAB I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
13. NIM 4153111021 BAB V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
14. NIM 4153111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 Mts. Al-Jamiyatul Washliyah Tembung T.A. 2019/2020 yang berjumlah 31 orang. Yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).
Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dari hasil tes awal menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-1 masih rendah, terlihat dari 31 siswa hanya terdapat 8 atau (25.8%) siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan pemahaman konsep matematika. Setelah dilakukan tes kemampuan pemahaman konsep matematika I (siklus I) persentase siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan pemahaman konsep matematika naik menjadi 61,29% (19 orang) dan pada tes kemampuan pemahaman konsep matematika II (siklus II) persentase siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan pemahaman konsep matematika menjadi 87,1% (27 orang).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-1 Mts. Al-Jamiyatul Washliyah Tembung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 039 |
Keywords: | NUMBERED HEAD TOGETHER; KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:21 |
Last Modified: | 27 Apr 2020 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38046 |