ADELINA, TRIYUNI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRESENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMAN 9 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.4161131040 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM. 4161131040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
3. NIM. 4161131040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM. 4161131040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5. NIM. 4161131040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 4161131040 TABLES.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
7. NIM. 4161131040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
8. NIM. 4161131040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
9. NIM. 4161131040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
13. NIM. 4161131040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 4161131040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis iSpring Presenter materi laju reaksi di SMN 9 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D). Sampel yang digunakan peneliti adalah XI MIA I sebagai kelas eksperimen dan XI MIA II sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan (1) Uji kelayakan media dan materi yang memenuhi kriteria valid dan layak dengan hasil uji kelayakan materi 87,5% dan kelayakan media iSpring Presenter 86% sedangkan Uji kelayakan materi dan media Power Point sebesar 71,42% dan 49%. (2) Uji Gain menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi untuk kelas Eksperimen 84,76% dan kelas Kontrol 60,65% dengan kategori sedang. (3) uji t- dua pihak dengan daerah kritis : t <-t ½ α dan t > t ½ α, α = 0,05 dan ½ α= 0,025, db= n1+n2-2= 41. Dari penelitian ini diperoleh persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen (84,76%) lebih besar dari pada persentase peningkatan hasil belajar kelas kontrol (60,65%). Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran iSring Presenter materi laju reaksi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 025 |
Keywords: | Pengembangan; iSpring Presenter; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:20 |
Last Modified: | 23 Mar 2020 01:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38027 |