LUBIS, SITI HARDIANTY (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SEMESTER I SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01. 4143321039 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
02. 4143321039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
03. 4143321039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
04. 4143321039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
05. 4143321039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
06. 4143321039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. 4143321039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
08. 4143321039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
09. 4143321039 BAB I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
13. 4143321039 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. 4143321039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dan pembelajaran konvensional, mengetahui sikap dan keterampilan belajar siswa menggunakan
model pembelajaran problem based learning, dan mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas XI semester I SMA Swasta PAB 8 Saentis T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester I yang terdiri dari 5 kelas IPA. Sampel penelitian ditentukan dengan cara random sampling yang terpilih yaitu XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran problem based learning dan
kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui
hasil belajar siswa adalah tes kognitif dalam bentuk essay test dengan jumlah 8 soal dan lembar observasi sikap dan keterampilan siswa. Hasil penelitian
menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 27,8 dan kelas kontrol adalah 28,7. Setelah diberi perlakuan hasil posttest kelas eksperimen adalah 77,53 dan kelas kontrol 69,4. Dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (4,76 > 1,67). Hasil observasi sikap siswa dalam proses pembelajaran di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 77,5 dengan kategori baik dan di kelas kontrol sebesar 60 dengan kategori baik. Keterampilan siswa dalam proses pembelajaran di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 74, dengan kategori B+, dan di kelas kontrol sebesar 58 dengan kategori B-. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan akibat penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis yang sejalan dengan meningkatnya sikap dan keterampilan belajar
siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 031 |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 10:47 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37984 |