Ginting, Radina Yuni Mahesa (2012) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS X PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR. Masters thesis, UNIMED.
809425015 Judul.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
809425015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
809425015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
809425015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
809425015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
809425015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
809425015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
809425015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
809425015 Bab I.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
809425015 Bab V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
809425015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). pengaruh motivasi antara siswa yang diajarkan dengan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dengan kelas konvensional, (2). pengaruh hasil belajar antar siswa yang diajarkan dengan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) di SMK kelas X, (3). interaksi antara Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur.Penelitian ini bersifat eksperimen semu, sampel diambil secara acak. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, SMK Negeri 1 L.Pakam, SMK Negeri 1 Berastagi. Sampel penelitian terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 190 siswa, 95 siswa pada kelompok eksperimen dengan model mengajar menginduksi perubahan konsep (M3PK) dan 95 siswa pada kelompok konvensional. Teknis analisa data untuk hipotesis I dan hipotesis II dilakukan dengan Uji Regresi Linear dan hipotesis III dilakukan dengan General Linear Model. Instrumen tes hasil belajar yang digunakan berjumlah 23 butir dengan tingkat reliabilitas tes 0,8371.Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa : (1). Hasil motivasi berdasarkan angket siswa dengan indikator yang diajarkan dengan M3PK indikator I (67,21%), indikator II (70,68%), indikator III (65,68%), indikator IV(67,79%) dan dengan konvensional indikator I (50%), indikator II (56,95%), indikator III (54,92%), indikator IV( 56,96%), (2). Pengaruh hasil belajar dengan M3PK lebih tinggi dengan gain kategori sedang sebesar 0,47 sedangkan dengan konvensional dengan gain kategori rendah sebesar 0,13, (3). Interaksi yang terjadi antara M3PK dan konvensional terhadap motivasi hasil belajar adalah pada pembelajaran M3PK memiliki motivasi cukup dengan nilai 67,18 dan pada konvensional memiliki motivasi cukup dengan nilai 54,74.Dari hasil pengujian hipotesa didapatkan hasil belajar yang tinggi dengan meningkatnya hasil belajar ada hubungannya dengan motivasi, sehingga terdapat interaksi antara motivasi dan hasil belajar yang dilakukan dengan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dibandingkan dengan konvesional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Gin p |
Keywords: | Kimia; Pengajaran; Konstruktivisme; Atom; Sistem periodik unsur; Motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 12 Mar 2019 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3776 |