Pratiwi, Zesti Rahmah (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SWISH MAX PADA MATA PELAJARAN RIAS WAJAH PANGGUNG SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133144043 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM 5133144043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
3. NIM 5133144043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM 5133144043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 5133144043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 5133144043 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
7. NIM 5133144043 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
8. NIM 5133144043 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 5133144043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM 5133144043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM 5133144043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pembelajaran berupa produk media pembelajaran Swish Max pada mata pelajaran rias wajah panggung dan untuk mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran Swish Max. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Beringin. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah mata pelajaran rias wajah panggung pada kompetensi rias wajah penyanyi yang di desain menggunakan media pembelajaran Swish Max. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII tata kecantikan di SMK Negeri 1 Beringin. Media pembelajaran Swih Max meliputi tiga tahapan, yakni: penentuan (define), pengembangan (develop), dan penilaian (evaluate). Subjek analisis kebutuhan siswa Tata Kecantikan dan guru mata pelajaran Rias Wajah Panggung. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok sedang, uji coba kelompok besar, dilanjutkan dengan efektivitas guru dan siswa. Data tentang kualitas produk pengembangan dikumpulkan dengant angket. Data – data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa menyatakan (86,6%) membutuhkan media swish max, (2) Guru menyatakan (88%) membutuhkan media Swish Max, (3) Uji ahli materi rias wajah panggung penyanyi berada pada kualifikasi sangat baik (86,4%), (4) Uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (80,7%), (5) Uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sedang (78,1%), (6)Uji coba kelompok sedang berada pada kualifikasi baik (81%), (7) Uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik (87,9%), (8) Uji efektivitas siswa pada kualifikasi sangat baik (87,9%), (9) Uji efektifitas guru pada kualifikasi sangat baik (84,5%). Ini membuktikan tingkat keefektifan media pembelajaran Swish Max pada mata pelajaran Rias Wajah Panggung pada kompetensi Rias Wajah Penyanyi layak untuk diproduksi sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RIAS 059 |
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran Swish Max; Rias Wajah Panggung Penyanyi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:57 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37738 |