APRILLIANA, FANI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS ZAT PADAT DI KELAS XI SEMESTER I SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negei Medan.
1. NIM. 4153121020 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4153121020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM. 4153121020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4153121020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM. 4153121020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 4153121020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7. NIM. 4153121020 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM. 4153121020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9. NIM. 4153121020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
13. NIM. 4153121020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM. 4153121020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi elastisitas zat padat di SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi
eksperimen dengan desain penelitian control group pre-test-post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian terdiri dari 7 soal berbentuk essay test yang telah divalidasi. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata
pretes kelas eksperimen adalah 50,07 dengan standar deviasi 12,88, dan kelas kontrol adalah 45,90 dengan standar deviasi 10,1. Kemudian dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas. Setelah diperoleh data berdistribusi normal dan homogen, kemudian dilakukan pengujian hipotesis (uji t dua pihak) dan diperoleh hasil bahwa thitung < ttabel, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas adalah sama. Setelah itu diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen 79,25 dengan standar deviasi 7,63, dan kelas kontrol adalah 70,44 dengan standar deviasi 9,88. Hasil pengujian dengan hipotesis menggunakan uji t satu pihak, diperoleh thitung = 4,20, sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel (4,20 > 1,67) maka Ho ditolak dan diterima Ha. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari
penerapan model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 002 |
Keywords: | Inquiry Training; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:42 |
Last Modified: | 06 Apr 2020 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37593 |