Perangin-angin, Ratu Natalia (2019) ANALISIS KUALITATIF KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KREATIVITAS BERPIKIR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172070 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 8156172070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. NIM. 8156172070 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM. 8156172070 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 8156172070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 8156172070 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8156172070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 8156172070 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (932kB) | Preview
13. NIM. 8156172070 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14. NIM. 8156172070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui kemampuan
metakognisi siswa dengan penerapan model kooperatif tipe Jigsaw, 2) mengetahui
kemampuan berpikir kreatif siswa dengan penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw, 3) mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam
pemecahan masalah metakognisi, 4) mengetahui kesulitan yang dialami siswa
dalam berpikir kreatif matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Perangkat pembelajaran yang disiapkan adalah
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar aktivitas siswa (LAS) untuk
dua pertemuan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Tingkat kemampuan
berpikir kreatif matematis dari 38 orang siswa dengan kemampuan berpikir kreatif
‘sangat rendah’ sebanyak 6 siswa (15,79%), kategori ‘rendah’ sebanyak 19 siswa
(50,00%), kategori ‘sedang’ sebanyak 7 siswa (18,42%), kategori ‘tinggi’
sebanyak 4 siswa (10,53%), dan kategori ‘sangat tinggi’ sebanyak 2 siswa
(5,26%). (2) Tingkat kemampuan metakognisi dari 38 orang siswa dengan
kemampuan metakognisi kategori ‘sangat rendah’ sebanyak 5 siswa (13,16%),
kategori ‘rendah’ sebanyak 27 siswa (71,05%), kategori ‘sedang’ sebanyak 4
siswa (10,53%), kategori ‘tinggi’ sebanyak 2 siswa (5,26%), dan kategori ‘sangat
tinggi’ tidak ada. (3) kesulitan bermetakognisi yang dialami siswa ditinjau
berdasarkan kesulitan fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. (4) Kesulitan berpikir
kreatif yang dialami siswa ditinjau berdasarkan pemenuhan indikator flexibility,
fluency, originality dan elaboration
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510 Per a |
Keywords: | Berpikir Kreatif Matematis, Metakognisi, Model Kooperatif Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 09:50 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 10:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37283 |