ANALISIS KUALITATIF KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KREATIVITAS BERPIKIR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Perangin-angin, Ratu Natalia (2019) ANALISIS KUALITATIF KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KREATIVITAS BERPIKIR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156172070 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156172070 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156172070 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156172070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156172070 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156172070 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156172070 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156172070 PREFACE.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156172070 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156172070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156172070 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156172070 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156172070 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156172070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156172070 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156172070 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (932kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156172070 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156172070 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156172070 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156172070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui kemampuan
metakognisi siswa dengan penerapan model kooperatif tipe Jigsaw, 2) mengetahui
kemampuan berpikir kreatif siswa dengan penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw, 3) mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam
pemecahan masalah metakognisi, 4) mengetahui kesulitan yang dialami siswa
dalam berpikir kreatif matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Perangkat pembelajaran yang disiapkan adalah
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar aktivitas siswa (LAS) untuk
dua pertemuan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Tingkat kemampuan
berpikir kreatif matematis dari 38 orang siswa dengan kemampuan berpikir kreatif
‘sangat rendah’ sebanyak 6 siswa (15,79%), kategori ‘rendah’ sebanyak 19 siswa
(50,00%), kategori ‘sedang’ sebanyak 7 siswa (18,42%), kategori ‘tinggi’
sebanyak 4 siswa (10,53%), dan kategori ‘sangat tinggi’ sebanyak 2 siswa
(5,26%). (2) Tingkat kemampuan metakognisi dari 38 orang siswa dengan
kemampuan metakognisi kategori ‘sangat rendah’ sebanyak 5 siswa (13,16%),
kategori ‘rendah’ sebanyak 27 siswa (71,05%), kategori ‘sedang’ sebanyak 4
siswa (10,53%), kategori ‘tinggi’ sebanyak 2 siswa (5,26%), dan kategori ‘sangat
tinggi’ tidak ada. (3) kesulitan bermetakognisi yang dialami siswa ditinjau
berdasarkan kesulitan fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. (4) Kesulitan berpikir
kreatif yang dialami siswa ditinjau berdasarkan pemenuhan indikator flexibility,
fluency, originality dan elaboration

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510 Per a
Keywords: Berpikir Kreatif Matematis, Metakognisi, Model Kooperatif Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Dec 2019 09:50
Last Modified: 03 Dec 2019 10:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37283

Actions (login required)

View Item
View Item