Siregar, Nenta Dumalia (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMP MUHAMMADIYAH 22 KISARAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166172041 COVER.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
2.NIM8166172041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
3. NIM8166172041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
4.NIM8166172041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
5. NIM8166172041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
6. NIM8166172041 TABLES.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
7. NIM8166172041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
8. NIM8166172041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM8166172041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
13. NIM8166172041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh: 1) perangkat pembelajaran yang valid
dikembangkan dengan PMR; 2) perangkat pembelajaran yang efektif
dikembangkan dengan PMR; 3) perangkat pembelajaran yang praktis
dikembangkan dengan PMR; 4) peningkatan kemampuan penalaran matematis
dan Self-Concept siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang
dikembangkan dengan PMR. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Dari hasil uji coba I, uji coba II
dan tahap penyebaran diperoleh: 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan
dengan PMR telah memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian ahli dengan
rata-rata total validitas RPP = 4,38, LKPD = 4,47, buku guru =4,50, buku siswa =
4,49; 2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan PMR memenuhi
kriteria efektif ditinjau dari: a.) ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah
tercapai pada uji coba II yaitu 87,5% dan tahap penyebaran 90,63%; b.) waktu
pembelajaran yang digunakan tidak melebihi waktu pembelajaran biasa.; c.)
respon siswa pada uji coba I sebesar 89,22%, uji coba II sebesar 92,03% dan tahap
penyebaran sebesar 97,34% telah menunjukkan respon positif terhadap perangkat
pembelajaran; 3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan PMR
memenuhi kriteria praktis ditinjau dari: a.) penilaian ahli dapat digunakan dengan
sedikit revisi; dan b.) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran di
kelas termasuk dalam kategori baik. 4) kemampuan penalaran matematis dan selfconcept siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan
PMR meningkat, ditinjau dari : a.) Skor N-Gain tes kemampuan penalaran
matematis siswa mengalami peningkatan yaitu pada uji coba I mencapai 0,291
meningkat menjadi 0,604 pada uji coba II serta meningkat menjadi 0,627 pada
tahap penyebaran; b.) rata-rata hasil angket self-concept pada uji coba I adalah
73,63 meningkat menjadi 78,2 pada uji coba II serta meningkat menjadi 80,07
pada tahap penyebaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.711 Sir p |
Keywords: | PMR, kemampuan penalaran matematis, self-concept. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 02:28 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37233 |