PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS E-LEARNING EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATERI PENGUKURAN DI SMA SWASTA DARUSSALAM

Dewi, Amalia Cempaka (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS E-LEARNING EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATERI PENGUKURAN DI SMA SWASTA DARUSSALAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4151121007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151121007 COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151121002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151121002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4151121002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151121002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151121002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151121002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151121002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4151121002 ILUSTRASION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4151121002 ILUSTRASION.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4151121002 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4151121002 TABLE.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4151121002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4151121002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4151121002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4151121002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (796kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4151121002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4151121002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4151121002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4151121002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry berbasis e-learning edmodo terhadap hasil belajar dan kemandirian siswa pada materi pengukuran di kelas X SMA Swasta Darussalam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi esperiment dengan bentuk desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini terdisi dari 3 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas X IPA 1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk tes pilihan berganda dengan lima option sebanyak 15 soal dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan angket yang berjumlah 14 pertanyaan. Analisis data dilakukan dengan uji t dan lembar observasi kemandirian menggunakan uji gain score (N-gain). Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata – rata pretes dan postes di kelas eksperimen masing – masing adalah 53,33 dan 72,67 sedangkan nilai rata –rata pretes dan postes di kelas kontrol masing – masing adalah 50,44 dan 65,11. Kemandirian siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan pada setiap pertemuan dengan rata –rata sebesar 69,51 dengan kategori kemandirian cukup. Kemandirian siswa di kelas kontrol mengalami peningkatan pada setiap pertemuan dengan rata –rata sebesar 60,26 dengan kategori kemandirian cukup. Analisis data hasil belajar menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 2,81 sedangkan ttabel sebesar 1,671 atau thitung > ttabel sehingga ditarik kesimpulan ada pengaruh model pembelajaran inquiry berbasis e-learning edmodo terhadap hasil belajar dan kemandirian siswa pada materi Pengukuran di kelas X SMA Swasta Darussalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 297
Keywords: Inquiry, e-learning edmodo, hasil belajar, kemandirian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:31
Last Modified: 09 Mar 2020 08:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37153

Actions (login required)

View Item
View Item