Dewi, Amalia Cempaka (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS E-LEARNING EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATERI PENGUKURAN DI SMA SWASTA DARUSSALAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151121007 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM. 4151121002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
3. NIM. 4151121002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM. 4151121002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. NIM. 4151121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 4151121002 ILUSTRASION.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 4151121002 TABLE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
8. NIM. 4151121002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
9. NIM. 4151121002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (796kB) | Preview
13. NIM. 4151121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM. 4151121002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry berbasis e-learning edmodo terhadap hasil belajar dan kemandirian siswa pada materi pengukuran di kelas X SMA Swasta Darussalam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi esperiment dengan bentuk desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini terdisi dari 3 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas X IPA 1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk tes pilihan berganda dengan lima option sebanyak 15 soal dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan angket yang berjumlah 14 pertanyaan. Analisis data dilakukan dengan uji t dan lembar observasi kemandirian menggunakan uji gain score (N-gain). Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata – rata pretes dan postes di kelas eksperimen masing – masing adalah 53,33 dan 72,67 sedangkan nilai rata –rata pretes dan postes di kelas kontrol masing – masing adalah 50,44 dan 65,11. Kemandirian siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan pada setiap pertemuan dengan rata –rata sebesar 69,51 dengan kategori kemandirian cukup. Kemandirian siswa di kelas kontrol mengalami peningkatan pada setiap pertemuan dengan rata –rata sebesar 60,26 dengan kategori kemandirian cukup. Analisis data hasil belajar menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 2,81 sedangkan ttabel sebesar 1,671 atau thitung > ttabel sehingga ditarik kesimpulan ada pengaruh model pembelajaran inquiry berbasis e-learning edmodo terhadap hasil belajar dan kemandirian siswa pada materi Pengukuran di kelas X SMA Swasta Darussalam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 297 |
Keywords: | Inquiry, e-learning edmodo, hasil belajar, kemandirian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:31 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37153 |