SIPAHUTAR, MELATI NUGRAHALIA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153141032 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM 4153141032 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
3. NIM 4153141032 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. NIM 4153141032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
5. NIM 4153141032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM 4153141032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4153141032 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4153141032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
12. NIM 4153141032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
13. NIM 4153141032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada materi Sel kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan Pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 195 siswa dari 7 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensionaldan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan berganda sebanyak 30 soal yang digunakan untuk pre-test dan post-test pada kedua kelas sampel. Dari hasil penelitian di dapat bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 74,06, sedangkan di kelas kontrol sebesar 64,58. Pada hasil pengamatan sikap di kelas eksperimen, didapat bahwa ada peningkatan aktivitas di tiap pertemuan. Dari hasil belajar kedua kelas tersebut, maka dilakukan uji hipotesis dengan uji t satu pihak. Diperoleh Sig(2-tailed) 0,000 pada taraf signifikansi α = 0,05, yang berarti ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada materi Sel kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 298 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:31 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37129 |