PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

SIPAHUTAR, MELATI NUGRAHALIA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SEL DI KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4153141032 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4153141032 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4153141032 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4153141032 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4153141032 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4153141032 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4153141032 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4153141032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4153141032 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4153141032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4153141032 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4153141032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4153141032 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4153141032 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4153141032 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4153141032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4153141032 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4153141032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4153141032 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4153141032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada materi Sel kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan Pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 195 siswa dari 7 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensionaldan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan berganda sebanyak 30 soal yang digunakan untuk pre-test dan post-test pada kedua kelas sampel. Dari hasil penelitian di dapat bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 74,06, sedangkan di kelas kontrol sebesar 64,58. Pada hasil pengamatan sikap di kelas eksperimen, didapat bahwa ada peningkatan aktivitas di tiap pertemuan. Dari hasil belajar kedua kelas tersebut, maka dilakukan uji hipotesis dengan uji t satu pihak. Diperoleh Sig(2-tailed) 0,000 pada taraf signifikansi α = 0,05, yang berarti ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada materi Sel kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BIO 298
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:31
Last Modified: 05 Mar 2020 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37129

Actions (login required)

View Item
View Item