NANDINI, ADE AYU (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY BERBANTUAN SIMULASI PhET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS TERINTEGRASI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153121001 COVER_doc.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 4153121001 APROVAL SHEET_doc.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4153121001 ABSTRACT_doc.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM 4153121001 PREFACE_doc.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM 4153121001 TABLE OF CONTENT_doc.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM 4153121001 ILLUSTRATION_doc.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 4153121001 TABLES_doc.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 4153121001 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 4153121001 CHAPTERS I_doc.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
13. NIM 4153121001 CHAPTERS V_doc.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
14. NIM 4153121001 BIBLIOGRAPHY_doc.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui keterampilan proses sains terintegrasi dari siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry berbantuan simulasi PhET, 2) Untuk mengetahui keterampilan proses sains terintegrasi yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas XI semester I dengan jumlah seluruh siswa yaitu 67 orang. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah class random sampling. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 35,167 dan kelas kontrol adalah 35,167. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 82 dan kelas kontrol 65. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Keterampilan proses sains dengan model Scientific Inquiry berbantuan simulasi PhET diperoleh nilai rata-rata sebesar 82, dengan kata lain bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Scientific Inquiry berbantuan simulasi PhET terhadap keterampilan proses sains terintegrasi dan hasil uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,792 > 1,668.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 311 |
Keywords: | scientific inquiry, keterampilan proses sains, PhET |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:26 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36995 |