Harningsih, Angel Susiana Sri (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK. Masters thesis, UNIMED.
cover.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
pengesahan.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
8106121002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
8106121002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
8106121002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8106121002 Bab I.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
8106121002 Bab V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8106121002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) antara siswa yang dibelaiarkan dengan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif Macromedia Flash dan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif Power point, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar TIK siswa yang memiliki Kreatifitas tinggi dan Kreatifitas rendah, (3) ada tidaknya interaksi antara penggunaan multimedia pembelajaran dan Kreatifitas dalam mempengaruhi hasil belajar TIK. Dalam hal ini hasil belajar TIK siswa yang dibelajarkan dengan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif Macromedia Flash lebih baik daripada menggunakan multimedia pembelajaran interaktif Power point. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang Surnatera Utara, menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dan sampel berjumlah 63 orang siswa yang pengarnbilannya dilakukan dengan cluster random sampling. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar TIK antara siswa yang dibelajarkan dengan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar TIK. Hal ini dituniukkan oleh Fhitung 5,007 > Ftabel 3,96 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = (1). Terdapat perbedaan hasil belajar TIK siswa memiliki kreatifitas tinggi dan kreatifitas rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung 14,03 > Ftabel 3,96 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = (1), dan terdapat interaksi antara penggunaan multimedia pembelajaran dan Kreatifitas dalam mempengaruhi hasil belajar TIK siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung 33,08 > Ftabel 3,96 pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = (1).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Har p |
Keywords: | Teknologi Informasi Komunikasi; Multimedia; Pembelajaran interaktif; Kreativitas; Macromedia Flash; Power point |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2018 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3684 |