TAMPUBOLON, YOLANDA FRANSISKA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR KORESPONDENSI DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7153144037 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 7153144037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 7153144037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. NIM. 7153144037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 7153144037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM. 7153144037 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7153144037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7153144037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 7153144037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
13. NIM. 7153144037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 7153144037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Talk Write dan Time Token terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi daripada model Time Token pada mata pelajaran korespondensi kelas X OTKP di SMKS Jambi Medan T.A. 2019/2020.
Penelitian ini adalah peneitiaan eksperimen, yang dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan yang beralamat di Jl. Pertiwi No. 116 Medan Tembung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 75 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X OTKP1 (eksperimen 1) yang terdiri dari 37 siswa dan kelas X OTKP2 (eksperimen 2) yang terdiri dari 38 siswa. Teknik pegumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar korespondesi berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran dan daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji-t”.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Think Talk Write adalah 44,32 dan 82,02, dan hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Time Token adalah 43,81 dan 71,44. Hipotesis penelitian ini diuji dengan uji-t dan diperoleh thitung sebesar 4,101 dengan ttabel sebesar 1,993 pada tingkat kepercayaan 95% yaitu thitung > ttabel maka hipotesis penelitian diterima.
Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan “Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Think Talk Write dan Time Token terhadap hasil belajar siswa dan hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi secara signifikan daripada model Time Token pada mata pelajaran korespondensi kelas X OTKP di SMKS Jambi Medan T.A. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 076 |
Keywords: | Model Pembelajaran Think Talk Write dan Time Token; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:21 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36461 |