Pane, Silfha Yanni (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK ASPEK KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMA NEGERI 1 STABAT T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151121064 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4151121064 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM. 4151121064 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 4151121064 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4151121064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM. 4151121064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4151121064 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4151121064 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4151121064 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
13. NIM. 4151121064 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 4151121064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas instrumen dan mengetahui tingkat efektifitas pengembangan instrumen penilaian untuk hasil belajar aspek kognitif berdasarkan pendekatan ilmiah terhadap bahan fluida dinamis berdasarkan penilaian pakar, guru dan siswa kelas XI SMA. Negeri 1 Stabat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model 4-D. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 dosen ahli, 1 guru fisika, 9 siswa uji kelompok kecil dan 33 siswa uji kelompok besar. Objek penelitian ini adalah validitas dan efektifitas instrumen. Hasil penilaian para ahli menunjukkan indeks Aiken V 0,95 (validitas baik). Hasil validitas uji kelompok kecil, 15 pertanyaan valid, dan pertanyaan efektif. Sedangkan hasil uji validitas kelompok besar, 12 pertanyaan valid, dan pertanyaan efektif. Kemudian pengembangan instrumen penilaian hasil belajar siswa berdasarkan pada pendekatan ilmiah untuk materi cairan dinamis kelas XI mendapatkan kriteria yang layak dan penilaian yang sangat baik berdasarkan kriteria para ahli, guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 237 |
Keywords: | fluida dinamis, hasil belajar, instrumen penilaian, pendekatan saintifik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:18 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 05:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36379 |