Hasanah, Nurul (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8136176029 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM.8136176029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
3. NIM.8136176029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM.8136176029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
5. NIM.8136176029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM.8136176029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM.8136176029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM.8136176029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM.8136176029 BAB I.pdf - Published Version
Download (707kB) | Preview
13. NIM.8136176029 BAB V.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
14. NIM.8136176029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keterampilan proses sains fisika
siswa di kelas yang diajar dengan model pembelajaran inquiry training
berbantuan mind map dan di kelas dengan pembelajaran konvensional, (2)
Kemampuan kognitif fisika siswa di kelas yang diajar dengan model pembelajaran
inquiry training berbantuan mind map dan di kelas dengan pembelajaran
konvensional, (3) Keterampilan proses sains fisika siswa yang diajar dengan
model pembelajaran inquiry training berbantuan mind map lebih baik dengan
siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, dan (4) Hasil belajar
kemampuan kognitif fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran inquiry
training berbantuan mind map lebih baik dengan siswa yang diajar dengan
pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel secara
cluster random sampling, dimana satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen
yaitu kelas yang diajar melalui model pembelajaran inquiry training berbantuan
mind map dan satu kelas lagi dijadikan sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang
diajar melalui pembelajaran konvensional. Instrument penelitian ada dua yang
digunakan, yaitu lembar observasi keterampilan proses sains fisika siswa dan
yang kedua tes untuk mengumpulkan data tentang keterampilan proses sains dan
hasil belajar kemampuan kognitif fisika siswa yang telah valid dan reliabel. Data
yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai rata-rata keterampilan proses sains fisika
siswa kelas eksperimen adalah 77,50 dengan kategori nilai B ( Baik) dan kelas
kontrol adalah 62,55 dengan kategori nilai C (Cukup). (2) Nilai rata-rata hasil
belajar kemampuan kognitif fisika siswa kelas eksperimen adalah 82,08 dengan
kategori nilai A (Sangat Baik) dan kelas kontrol adalah 72,08 dengan kategori
nilai B (Baik), (3) Berdasarkan pengujian hipotesis bahwa keterampilan proses
sains fisika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran inquiry training
berbantuan mind map lebih baik daripada keterampilan proses sains fisika siswa
yang dibelajarkan dengan konvensional, dan (4) Berdasarkan pengujian hipotesis
bahwa kemampuan kognitif fisika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran
inquiry training berbantuan mind map lebih baik daripada keterampilan proses
sains siswa yang dibelajarkan dengan konvensional
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.71 Has p |
Keywords: | inquiry training, mind map, dan keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LT Textbooks Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 04:23 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36139 |