Rosmidah (2019) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP PENGETAHUAN PROSEDURAL DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136176034 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 8136176034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
3. NIM. 8136176034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 8136176034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
5. NIM. 8136176034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM. 8136176034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 8136176034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. NIM. 8136176034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 8136176034 BAB I.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
13. NIM. 8136176034 BAB V.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
14. NIM. 8136176034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan: Bagaimana hasil dari pengetahuan
prosedural siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen; Bagaimana hasil dari
keterampilan proses sains siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen; Untuk
mengetahui apakah pengetahuan prosedural siswa yang dibelajarkan dengan
model pembelajaran inquiry training lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran konvensional; dan Untuk mengetahui apakah
keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran
inquiry training lebih baik dari pada siswa yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel secara
cluster random sampling, dimana kelas pertama diajarkan dengan model
pembelajaran inquiry training dan kelas kedua dengan pembelajaran
konvensional. Instrument yang digunakan adalah tes essay pengetahuan
prosedural dan tes essay keterampilan proses sains yang telah valid dan reliabel.
Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai rata-rata pengetahuan prosedural fisika
setelah diberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelas diperoleh nilai ratarata pengetahuan prosedural fisika siswa kelas eksperimen adalah 81 dengan
kategori nilai B (baik) dan kelas kontrol adalah 78 dengan kategori nilai C
(cukup). Nilai rata-rata keterampilan proses sains fisika siswa setelah diberikan
perlakuan yang berbeda pada kedua kelas diperoleh nilai rata-rata keterampilan
proses sains fisika siswa kelas eksperimen adalah 85 dengan kategori nilai B
(baik) dan kelas kontrol adalah 79 dengan kategori nilai C (cukup), Berdasarkan
pengujian hipotesis bahwa pengetahuan prosedural fisika siswa yang dibelajarkan
dengan pembelajaran inquiry training lebih baik daripada pengetahuan prosedural
fisika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, dan
Berdasarkan pengujian hipotesis bahwa keterampilan proses sains siswa yang
dibelajarkan dengan pembelajaran inquiry training lebih baik daripada
keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran
konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.71 Ros e |
Keywords: | inquiry training, pengetahuan prosedural dan keterampilan proses sains siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 08:58 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 08:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36130 |