Susilo, Eko Firman (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MENULIS KARYA ILMIAH BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA SISWA KELAS XI SMAN 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8166192007 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2 NIM. 8166192007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
3 NIM. 8166192007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4 NIM. 8166192007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5 NIM. 8166192007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6 NIM. 8166192007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7 NIM. 8166192007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8 NIM. 8166192007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9 NIM. 8166192007 BAB I.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
13 NIM. 8166192007 BAB V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
14 NIM. 8166192007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Penilaian merupakan suatu kegiatan yang memiliki peranan penting serta
memberikan manfaat terhadap pencapaian hasil belajar siswa dan dalam
pembelajaran di sekolah sebagian besar siswa mendapat kesulitan dalam materi
menulis karya ilmiah. Pembelajaran pada abad ke-21 harus mampu
mengembangkan keterampilan kompetitif yang diperlukan pada kompetisi masa
depan yaitu terfokus pada pengembangan Higher Order Thinking Skills.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis
kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk pembelajaran menulis karya ilmiah pada
siswa kelas XI SMAN 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall.
Dengan subjek ahli materi, ahli evaluasi, guru bahasa Indonesia dan siswa kelas
XI SMAN 3 Medan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Validasi ahli
materi meliputi kelayakan isi rata-rata 83.59% dengan kriteria baik, kelayakan
penyajian rata-rata memperoleh 92.04% dengan kriteria sangat baik dan aspek
kebahasaan memperoleh rata-rata 88.46% dengan kriteria baik. (2) Validasi ahli
evaluasi pilihan ganda yang dinilai aspek materi, kontruksi dan bahasa rata-rata
memperoleh 87.5% dengan kriteria baik. Validasi ahli evaluasi uraian yang dinilai
aspek materi, kontruksi dan bahasa memperoleh rata-rata 89.42% dengan kriteria
baik. (3) Respon guru memperoleh rata-rata 84.1 6%. (4) Uji coba siswa terhadap
instrumen penilaian berbasis HOTS pada uji perorangan 77% dengan kriteria
cukup. (5) Uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata 83.66% dengan kriteria
baik. (6) Uji coba lapangan terbatas memeperoleh rata-rata 90.16% denga kriteri
sangat baik. Demikian pula hasil uji coba instrumen penilaian berbasis HOTS
terhadap siswa memperoleh rata-rata 71 dengan kategori cukup. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes kemampuan berpikir tingkat
tinggi di SMAN 3 Medan dengan kualitas cukup
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411.71 Sus p |
Keywords: | Instrumen Penilaian, Berpikir Tingkat Tinggi, Menulis karya ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 03:06 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36068 |