Fajarini, Indah (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS UNTUK MENGUKUR DIMENSI PENGETAHUAN TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8166192012 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2 NIM. 8166192012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
3 NIM. 8166192012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
4 NIM. 8166192012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
5 NIM. 8166192012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6 NIM. 8166192012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7 NIM. 8166192012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8 NIM. 8166192012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9 NIM. 8166192012 BAB I.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
13 NIM. 8166192012 BAB V.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
14 NIM. 8166192012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan instrumen
penilaian berbasis Higher order thinking skills untuk mengukur dimensi
pengetahuan teks persuasif siswa, (2) terpenuhinya kelayakan instrumen penilaian
berbasis Higher order thinking skills untuk mengukur dimensi pengetahuan teks
persuasif siswa, dan (3) Hasil pengukuran instrumen penilaian berbasis Higher
order thinking skills untuk mengukur dimensi pengetahuan teks persuasif siswa
kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan yang dikembangkan.
Populasi penelitian ini adalah 140 siswa dan sampel penelitian ini dilakukan
terhadap 47 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, proses pengembangan instrumen
penilaian berbasis Higher Order Thinking Skills sangat relevan dengan kebutuhan
belajar siswa. Instrumen penilaian yang dikembangkan telah disesuaikan dengan
kebutuhan siswa, instrumen penilaian ini juga disajikan dengan masalah yang
kontekstual (dikaitkan dengan kehidupan siswa) dan instrumen penilaian yang
disusun telah sesuai dengan silabus pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum
2013. Validasi soal oleh ahli evaluasi dan ahli materi yang menyatakan bahwa
soal tersebut layak digunakan, kemudian diujikan secara terbatas pada siswa kelas
VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan, revisi soal dan melakukan uji coba soal yang
telah direvisi. Hasil pengukuran kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa
diperoleh skor rata-rata adalah 54,142. Nilai tersebut dalam kategori sedang
karena standar nilai yang terpenuhi 40 < x skor total ≤ 60. Hasil pengukuran
instrumen penilaian berbasis Higher Order Thinking Skills pada dimensi
pengetahuan teks persuasif siswa diperoleh kemampuan konseptual lebih unggul
dengan persentase 76% pada kategori cukup, diikuti kemampuan faktual dengan
persentase 60% pada kategori cukup, pengetahuan siswa yang bersifat prosedural
terdapat 58% dengan kategori rendah, dan pengetahuan siswa yang bersifat
metakognitif terdapat 59% dengan kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.71 Faj p |
Keywords: | Teks Persuasif, Instrumen Penilaian, Higher Order Thinking Skills, Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 02:36 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36065 |