PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ANALOGI DAN KREATIVITAS ILMIAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL KELAS XI SMA NEGERI 2 PLUS PANYABUNGAN

Zaliani, Hairunisa Novita (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ANALOGI DAN KREATIVITAS ILMIAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL KELAS XI SMA NEGERI 2 PLUS PANYABUNGAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166173007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166173007 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166173007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166173007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166173007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166173007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166173007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166173007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166173007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166173007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166173007 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166173007 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166173007 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166173007 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166173007 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166173007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166173007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166173007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166173007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166173007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166173007 BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166173007 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswaSMA Negeri 2 Plus Panyabungan yang
bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran berbasis analogi
terhadap penguasaan konsep siswa; (2) pengaruh kreativitas ilmiah terhadap
penguasaan konsep siswa; dan (3) interaksi antara model pembelajaran berbasis
analogi dan kreativitas ilmiah terhadap penguasaan konsep siswa. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Plus Panyabungan
pada Tahun Pembelajaran 2017/2018 berjumlah 90 siswa yang terdiri dari 3 kelas.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA pada semester ganjil
tahun ajaran 2017/2018 di SMA Negeri 2 Plus Panyabungan, kelas diambil
dengan cluster random sampling yang terbagi kedalam 2 kelas masing-masing
berjumlah 29 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes penguasaan
konsep, tes kreativitas ilmiah, angket respon siswa, dan lembar kegiatan siswa
pada proses pembelajaran analogi. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen
(quasi eksperimental method) dengan teknik analisis Analisis Varians (Anava)
faktorial 2x2 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh
bahwa : (1) terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran berbasis
analogi terhadap penguasaan konsep siswa pada materi struktur dan fungsi sel
kelas XI SMA Negeri 2 Plus Panyabungan(Fhitung = 7,029; P = 0,017); (2) terdapat
pengaruh signifikan kreativitas ilmiah terhadap penguasaan konsep siswa pada
materi struktur dan fungsi sel pada kelas XI SMA Negeri 2 Plus Panyabungan
(Fhitung = 7,086; P = 0,000); dan (3) terdapat interaksi signifikan antara model
pembelajaran berbasis analogi dan kreativitas ilmiah terhadap penguasaan konsep
siswa pada materi struktur dan fungsi sel kelas XI SMA Negeri 2 Plus
Panyabungan (Fhitung = 3,975; P = 0,011). Hasil penelitan ini mengimplikasikan
bahwa pembelajaran berbasis analogi dapat memberikan kemudahan bagi siswa
dalam memahami dan menguasai konsep materi struktur dan fungsi sel serta
meningkatkan kreativitas ilmiah siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 571.6 Zal p
Keywords: Analogi, Konsep, Kreativitas Ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology > QL951 Embryology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:08
Last Modified: 17 Sep 2019 07:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36042

Actions (login required)

View Item
View Item