Lestari, Ria (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA SMK PELAYARAN DI KOTA MEDAN. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166121009 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 8166121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (602kB) | Preview
3. NIM. 8166121009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 8166121009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 8166121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
6. NIM. 8166121009 TABLES.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
7. NIM. 8166121009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM. 8166121009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM. 8166121009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
13. NIM. 8166121009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
14. NIM. 8166121009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan sebuah
produk ajar bahasa Inggris berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang
digunakan oleh siswa SMK Pelayaran di kota Medan; (2) mengetahui keefektifan hasil
implimentasi bahan ajar bahasa Inggris berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS)
yang digunakan oleh siswa SMK Pelayaran Hang Tuah Medan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg
dan Gall yang dipadu dengan desain instruksional Dick dan Carey. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa: (1) uji ahli materi pelajaran bahasa Inggris berada pada kategori
sangat baik; (2) uji ahli media pembelajaran berada pada kategori sangat baik; (3) uji
ahli desain pembelajaran berada pada kategori sangat baik; (4) uji coba perorangan
berada pada kategori sangat baik; (5) uji coba kelompok kecil berada pada kategori
sangat baik dan uji coba lapangan berada pada kategori sangat baik. Hasil pengujian
hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
siswa yang dibelajarkan dengan penggunaan bahan ajar bahasa Inggris berbasis HOTS
dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks. Hal ini
ditunjukan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 2,33 sedangkan ttabel = 1,68.
Diperoleh bahwa thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan bahan ajar bahasa Inggris berbasis HOTS dengan efektifitas sebesar
81,13% lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan buku teks dengan
efektifitas sebesar 77,14%.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Additional Information: | 373.24 Les p |
Keywords: | bahan ajar bahasa inggris berbasis higher order thinking skills (HOTS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 03:19 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35984 |