PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN

Sitompul, Syuhada (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166171039 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166171039 COVER.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166171039 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166171039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166171039 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166171039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166171039 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166171039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166171039 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166171039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166171039 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166171039 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166171039 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166171039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166171039 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166171039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (984kB) | Preview
[thumbnail of 8166171039_BAB_II.pdf] Text
8166171039_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 8166171039_BAB_III.pdf] Text
8166171039_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 8166171039_BAB_IV.pdf] Text
8166171039_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 8166171039_BAB_V.pdf] Text
8166171039_BAB_V.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 8166171039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8166171039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 8166171039_Lampiran.pdf] Text
8166171039_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap disposisi matematis siswa, (3) pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi matematis siswa, (5) apakah terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) apakah terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba dan VII-2 yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi dan angket disposisi matematis siswa. Analisis yang digunakan adalah ANAVA Dua Jalur. Dari hasil uji coba lapangan diperoleh: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap disposisi matematis siswa, (3) terdapat pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) terdapat pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi matematis siswa, (5) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.71 Sit p
Keywords: Model Pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba, kemampuan komunikasi, dan disposisi matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:59
Last Modified: 04 Sep 2025 02:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35901

Actions (login required)

View Item
View Item