Sitompul, Syuhada (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166171039 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM. 8166171039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8166171039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 8166171039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. NIM. 8166171039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM. 8166171039 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 8166171039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
9. NIM. 8166171039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (984kB) | Preview
![[thumbnail of 8166171039_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8166171039_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 8166171039_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8166171039_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 8166171039_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8166171039_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 8166171039_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8166171039_BAB_V.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of 8166171039_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8166171039_Daftar_Pustaka.pdf
Download (396kB)
![[thumbnail of 8166171039_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8166171039_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap disposisi matematis siswa, (3) pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi matematis siswa, (5) apakah terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) apakah terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba dan VII-2 yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi dan angket disposisi matematis siswa. Analisis yang digunakan adalah ANAVA Dua Jalur. Dari hasil uji coba lapangan diperoleh: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap disposisi matematis siswa, (3) terdapat pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) terdapat pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi matematis siswa, (5) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.71 Sit p |
Keywords: | Model Pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba, kemampuan komunikasi, dan disposisi matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 04:59 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35901 |