Siagian, Meryance V (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA SMP NEGERI 13 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166171027 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 8166171027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
3. NIM. 8166171027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
4. NIM. 8166171027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
5. NIM. 8166171027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
6. NIM. 8166171027 TABLES.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
7. NIM. 8166171027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
8. NIM. 8166171027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8166171027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
13. NIM. 8166171027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (842kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas, kepraktisan dan keefektifan
perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang
dikembangkan, 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan
menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah
yang dikembangkan, 3) peningkatan kemampuan metakognisi siswa dengan
menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah
yang dikembangkan, 4) mendeskripsikan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan
pemecahan masalah matematis melalui perangkat pembelajaran berorientasi model
pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan dan 5) mengidentifikasi level
kemampuan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan hasil tes
kemampuan metakognisi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan model pengembangan Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-4 di SMP Negeri 13 Medan. Dari hasil uji
coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan
memenuhi kriteria valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,45, BS = 4,47, LAS =
4,45; perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis, ditinjau
dari: a) penilaian ahli/praktisi perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut
dinyatakan dapat diterapkan dan b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat
pembelajaran telah memenuhi kategori baik; perangkat pembelajaran yang dikembangkan
memenuhi kriteria efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal, b)
respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan
pembelajaran positif yaitu mencapai 97,56% dan c) kemampuan guru mengelola
pembelajaran adalah 4,26 termasuk kategori baik; 2) terdapat peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis menggunakan perangkat pembelajaran yang
dikembangkan; 3) terdapat peningkatan kemampuan metakognisi siswa menggunakan
perangkat pembelajaran yang dikembangkan; 4) proses jawaban siswa pada uji coba II
lebih baik dari uji coba I dan 5) level metakognisi siswa dalam memecahkan masalah
hanya memenuhi level kemampuan strategic use, aware use, dan tacit use.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.07 Sia p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Model 4-D, Pemecahan Masalah Matematis, Metakognisi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 03:43 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35893 |