PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN

Lubis, Siti Annisa (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156122028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156122028 COVER.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156122028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156122028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (896kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156122028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156122028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156122028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156122028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156122028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156122028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156122028 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156122028 TABLES.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156122028 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156122028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156122028 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156122028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 9_NIM. 8156122028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9_NIM. 8156122028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[thumbnail of 13_NIM. 8156122028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13_NIM. 8156122028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[thumbnail of 14_NIM. 8156122028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14_NIM. 8156122028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan antara hasil belajar bahasa
Prancis siswa dengan perspective actionnelle dan pendekatan komunikatif,
perbedaan hasil belajar bahasa Prancis siswa dengan gaya belajar visual dan
kinestetik, dan interaksi antara pendekatan pembelajaran dan gaya belajar pada
hasil belajar bahasa Prancis siswa. Populasi terdiri atas 560 siswa kelas XI SMA
Negeri 3 Medan pada semester I tahun akademik 2018/2019 dan sampel 57 siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan
menggunakan desain faktorial 2x2. Instrumen tes bahasa Prancis terdiri atas 35
pilihan ganda dan instrumen gaya belajar terdiri dari 20 pernyataan. Teknik
analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil belajar dengan perspective
actionnelle lebih tinggi secara signifikan daripada pendekatan komunikatif,
dengan Fhitung> Ftabel (15,78 > 3,9), karena dalam perspective actionnelle siswa
diberikan tugas kreatif. (2) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
dengan gaya belajar visual dan kinestetik, di mana Fhitung> Ftabel (5,93 > 3,9),
karena tes hasil belajar yang digunakan adalah kemampuan membaca
pemahaman. Siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih mudah memahami
instruksi tertulis (3) Ada interaksi yang signifikan antara penggunaan pendekatan
pembelajaran dan gaya belajar pada hasil belajar, dimana Fhitung> Ftabel (10,05 >
3,9). Hal ini disebabkan karena perspective actionnelle sangat sesuai dengan
karakteristik gaya belajar visual, sedangkan gaya belajar kinestetik sesuai dengan
pendekatan komunikatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.6 Lub p
Keywords: Pendekatan pembelajaran, perspective actionnelle, pendekatan komunikatif, gaya belajar, visual, dan kinestetik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 May 2019 09:44
Last Modified: 24 May 2019 09:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35401

Actions (login required)

View Item
View Item