Ginting, Mesarius (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 040457 BERASTAGI T.A 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166182031 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 8166182031 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. NIM 8166182031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM 8166182031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM 8166182031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM 8166182031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. NIM 8166182031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM 8166182031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM 8166182031 BAB I.pdf - Published Version
Download (813kB) | Preview
13. NIM 8166182031 BAB V.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
14. NIM 8166182031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar IPS siswa yang
diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dan hasil belajar siswa yang
diajarkan dengan model pembelajarn ekspositori; (2) mengetahui hasil belajar IPS
siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan hasil belajar IPS siswa
yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah; (3) mengetahui ada tidaknya
interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa
terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040457
Berastagi semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi berjumlah 82 orang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan totally sampling yang terdiri dari 48 siswa
kelas Va untuk model pemeblajaran inkuiri dan 34 Siswa kelas Vb untuk model
pembelajaran ekspositori. Tes kemampuan berpikir kritis dilakukan untuk
mengelompokkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan
rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desasi
faktorial 2x2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk
menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan
ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan ɑ = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji
Schefee. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji
homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran inkuiri lebih
baik daripada model pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar
IPS siswa serta bagi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi
memperoleh hasil belajar lebih baik daripada siswa yang meiliki kemampuan
berpikir kritis rendah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Gin p |
Keywords: | Pembelajaran Inkuiri, berpikir kritis, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 May 2019 09:12 |
Last Modified: | 24 May 2019 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35397 |