SITOHANG, WIDYA WATI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DAN SIKAP SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS XI IPA SMA 1 PARULIAN MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133141087 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM. 4133141087 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
3. NIM. 4133141087 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 4133141087 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM. 4133141087 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6. NIM. 4133141087 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM. 4133141087 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 4133141087 TABLES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM. 4133141087 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
10. NIM 4133141087 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
14. NIM 4133141087 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
15. NIM 4133141087 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Penelitian quasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan sikap (afektif) siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA 1 Parulian Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA 1 Parulian Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi dengan jumlah siswa 62 orang. Kelas XI IPA 1 merupakan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan jumlah siswa 31 orang sedangkan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional dengan jumlah siswa 31 orang. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang diajar dengan model kooperatif tipe Jigsaw dan metode konvensional dengan nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 81.16 dikategorikan sangat baik dan SD sebesar 6.63. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 77.16 dikategorikan baik dengan SD sebesar 7.60. Hasil sikap siswa pada kelas eksperimen sebesar 89.53 dan pada kelas kontrol sebesar 81.22 keduanya dikategorikan sangat baik. Sedangkan perbedaan aktivitas siswa pada kelas eksperimen sebesar 69.84 dan pada kelas kontrol sebesar 65.16 keduanya dikategorikan cukup baik. Perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0.05, dimana harga Sig.(2-tailed) < α, (0.031 < 0.05) pada hasil kognitif, dan (0.000 < 0.05) pada hasil sikap siswa yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pada hasil belajar dan sikap siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Sistem Pencernaan Manusia di kelas XI IPA SMA 1 Parulian Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 073 |
Keywords: | Hasil Belajar; sikap siswa; aktivitas belajar; model kooperatif Jigsaw; Sistem Pencernaan Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3602 School life. Student manners and customs R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA601 Food and food supply in relation to public health |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 15:48 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35161 |