WAHYUNI, ANINDITA (2018) ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 2 TEBING TINGGI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143141003 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4143141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
3. NIM. 4143141003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
5. NIM. 4143141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
6. NIM. 4143141003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7. NIM. 4143141003 TABLES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM. 4143141003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 4143141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
13. NIM. 4143141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4143141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui kuantitas pertanyaan siswa, kategorisasi pertanyaan siswa, dan mengetahui kualitas pertanyaan siswa berdasarkan Taksonomi Marbach pada materi Ekosistem. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Tebing Tinggi yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara purposive sample berjumlah 2 kelas yaitu X MIPA 2 dan X MIPA 3 yang berjumlah 72 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuantitas pertanyaan siswa berdasarkan siswa yang bertanya secara tertulis lebih banyak daripada secara lisan. Kuantitas pertanyaan siswa berdasarkan jumlah pertanyaan yang diajukan siswa lebih banyak yang mengajukan pertanyaan secara tertulis daripada lisan. Semua kategori pertanyaan berdasarkan Taksonomi Marbach terdapat pada pertanyaan siswa secara keseluruhan yaitu kategori 0 = 2%, 1a = 30%, 1b = 17%, 2 = 2%, 3 = 14%, 4 = 14%, 5 = 13%, 6 = 8%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pertanyaan yang paling banyak muncul ialah kategori 1a yaitu pertanyaan definisi, konsep dan fakta yang bisa dilihat di buku teks (di dalam konteks). Kualitas pertanyaan siswa berdasarkan pengelompokkan menjadi 4 tipe pertanyaan didapatkan bahwa pertanyaan yang paling banyak muncul termasuk kedalam tipe II, sedangkan kualitas pertanyaan siswa berdasarkan pengelompokkan menjadi 3 kelompok yang lebih luas menunjukkan bahwa banyak pertanyaan yang masuk kedalam kelompok 2 yaitu pertanyaan deskripsi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan bertanya siswa dapat dikatakan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 097 |
Keywords: | KEMAMPUAN BERTANYA, TAKSONOMI MARBACH, EKOSISTEM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 09:18 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34897 |