PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II SMA PANCA BUDI T.P 2017/2018

-, RESPIOKA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II SMA PANCA BUDI T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4141121056 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4141121056 COVER.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4141121056 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4141121056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4141121056 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4141121056 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4141121056 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4141121056 PREFACE.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4141121056 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4141121056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4141121056 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4141121056 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4141121056 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4141121056 TABLE.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4141121056 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4141121056 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4141121056 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4141121056 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4141121056 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4141121056 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4141121056 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4141121056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Induktif terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok Momentum dan Impuls kelas X SMA Panca Budi Medan T.P. 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group Pre-test dan Pos-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Panca Budi Medan yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas X-Mia B HD sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang diberi perlakuan model pembelajaran Induktif dan kelas X-Mia A FD sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berbentuk essai test sebanyak 9 yang terlebih dahulu sudah divalidasikan oleh validator.
Hasil nilai rata-rata pre test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 40,1 dengan standar deviasi 7,35 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,6 dengan standar deviasi 6,90. Kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil analisis uji t dua pihak diperoleh thitung =0,5446, ttabel = 2,002 (thitung < ttabel) hal ini menyatakan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan post test. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 78,13 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 63,3. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh = 7,008 dan = 1,671( > ) hal ini menyatakan ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran Induktif terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok Momentum dan Impuls kelas X Semester II SMA Panca Budi Medan T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 080
Keywords: Induktif, Model Pembelajaran, Pengetahuan Konseptual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:31
Last Modified: 27 Feb 2020 04:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34789

Actions (login required)

View Item
View Item