-, RESPIOKA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II SMA PANCA BUDI T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141121056 COVER.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
2. NIM 4141121056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. NIM 4141121056 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM 4141121056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. NIM 4141121056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6. NIM 4141121056 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
7. NIM 4141121056 TABLE.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM 4141121056 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4141121056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
13. NIM 4141121056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14. NIM 4141121056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Induktif terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok Momentum dan Impuls kelas X SMA Panca Budi Medan T.P. 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group Pre-test dan Pos-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Panca Budi Medan yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas X-Mia B HD sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang diberi perlakuan model pembelajaran Induktif dan kelas X-Mia A FD sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berbentuk essai test sebanyak 9 yang terlebih dahulu sudah divalidasikan oleh validator.
Hasil nilai rata-rata pre test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 40,1 dengan standar deviasi 7,35 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,6 dengan standar deviasi 6,90. Kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil analisis uji t dua pihak diperoleh thitung =0,5446, ttabel = 2,002 (thitung < ttabel) hal ini menyatakan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan post test. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 78,13 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 63,3. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh = 7,008 dan = 1,671( > ) hal ini menyatakan ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran Induktif terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok Momentum dan Impuls kelas X Semester II SMA Panca Budi Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 080 |
Keywords: | Induktif, Model Pembelajaran, Pengetahuan Konseptual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:31 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34789 |