Simanungkalit, Dewi R.W (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DIVARIASIKAN DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 14 MEDAN T. P. 2017/2. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141141013 COVER .pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
2. NIM 4141141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. NIM 4141141141013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
4. NIM 4141141013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
5. NIM 4141141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
6. NIM 4141141013 ILLUSTRATION .pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
7. NIM 4141141013 TABLES .pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
8. NIM 4141141013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
9. NIM 4141141013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
13. NIM 4141141013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
14. NIM 4141141013 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) divariasikan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI) terhadap hasil daan aktivitas belajar siswa pada materi Sistem Reproduksi di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen semu (Quasi Eksperiment), dimana populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan yang 183 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dimana sampelnya adalah kelas XI IPA 2 yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa tingkat penguasaan siswa mencapai 80% termasuk kategori tinggi, Ketuntasan belajar siswa mencapai 92,5% termasuk kategori tuntas, Ketercapaian indikator mencapai termasuk kategori tercapai 87,25% termasuk kategori tercapai, dan aktivitas belajar siswa yang mencapai 84,78 termasuk ke dalam kategori aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) divariasikan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI) efektif digunakan pada materi sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA Negri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 125 |
Keywords: | Efektivitas, Numbered Head Together (NHT), Direct Instruction (DI), Hasil Belajar, Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:30 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34787 |