IMPLEMENTASI SISTEM ANTRIAN UNTUK OPTIMALISASI PELAYANAN NASABAH (STUDI KASUS : BANK MANDIRI MEDAN)

LASE, DELVIANI (2018) IMPLEMENTASI SISTEM ANTRIAN UNTUK OPTIMALISASI PELAYANAN NASABAH (STUDI KASUS : BANK MANDIRI MEDAN). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4122230002 COVER .pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4122230002 COVER .pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4122230002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4122230002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4122230002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4122230002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4122230002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4122230002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4122230002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4122230002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4122230002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4122230002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4122230002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4122230002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 4122230002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 4122230002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview

Abstract

Menunggu dalam suatu antrian merupakan salah satu permasalahan dalam layanan publik. Antrian timbul disebabkan oleh kebutuhan akan layanan melebihi kemampuan (kapasitas) pelayanan atau fasilitas layanan, sehingga nasabah yang tiba tidak dapat segera mendapat layanan disebabkan kesibukan layanan. Pelayanan yang terbaik diantaranya adalah memberikan pelayanan yang cepat sehingga pelanggan tidak dibiarkan menunggu (mengantri) terlalu lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja sistem antrian di Bank Mandiri Medan pada teller. Setelah melalui proses pengumpulan data perhitungan dan pengolahan data menggunakan model antrian jalur berganda (M/M/3):(FCFS/∞/∞) dengan tingkat kedatangan nasabah berdistribusi poisson dan waktu pelayanan berdistribusi eksponensial dengan uji chi square. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata tingkat kedatangan nasabah sebesar 36 nasabah/jam. Dengan rata-rata waktu yang dihabiskan nasabah dalam antrian sebesar 1,764 menit sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja sistem antrian pelayanan pada setiap tahap pelayanan dibank mandiri medan sudah optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 128
Subjects: L Education > LA History of education > LA173 Higher education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 10 Apr 2019 13:42
Last Modified: 24 Jul 2019 03:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34750

Actions (login required)

View Item
View Item