LUMBAN GAOL, OKTO PARULIAN (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TPS BERBANTUAN WINGEOM DI KELAS VIII SMP BRIGJEND KATAMSO 1 MEDAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133111040 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 4133111040 VALIDITY SHEET.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM. 4133111040 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4. NIM. 4133111040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM. 4133111040 FOREWORD.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. NIM. 4133111040 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
7. NIM. 4133111040 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM. 4133111040 TABLE LIST.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 4133111040 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
10. NIM. 4133111040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14.NIM. 4133111040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
15. NIM. 4133111040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model STAD Berbantuan Wingeom lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran TPS Berbantuan Wingeom di kelas VIII SMP Brigjend Katamso 1 Medan T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Brigjend Katamso 1 Medan yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 280 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak, maka terpilih kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 40 orang dan kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk essay yaitu posttest yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Instrumen tes tersebut terlebih dahulu divalidasi oleh tiga orang validator kompeten yaitu dua validator dosen pendidikan matematika dan satu validator merupakan guru matematika dan telah dinyatakan valid. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Berbantuan Wingeom dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS Berbantuan Wingeom diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 86,06 dan nilai ratarata kelas eksperimen 2 sebesar 80,08. Hasil uji t sepihak dengan dk = 78 dan = 0,05, diperoleh thitung = 2,99 dan ttabel = 1,66462 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,99 > 1,66462 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Berbantuan Wingeom lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS Berbantuan Wingeom di kelas VIII SMP Brigjend Katamso 1 Medan T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 133 |
Keywords: | kemampuan pemahaman konsep matematika;STAD;TPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 16:03 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34617 |