MISWARI, MENTARI (2018) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141041 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4141141041 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
3. NIM. 4141141041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
4. NIM. 4141141041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
5. NIM. 4141141041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
6. NIM. 4141141041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM. 4141141041 TABLES.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
8. NIM. 4141141041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
9. NIM. 4141141041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
13. NIM. 4141141041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 4141141041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa, menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa pada masing – masing indikator, serta mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan jenis kelamin pada materi ekosistem di SMA Swasta Budisatrya Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian diambil secara total sampling sebanyak 69 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis Cornell bentuk X yang dikemukakan oleh Ennis dan dikembangkan sendiri oleh peneliti. Tes diberikan setelah siswa mendapatkan materi dari guru mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir siswa pada materi ekosistem paling banyak berada pada kriteria sedang, disusul dengan kategori rendah, selanjutnya tinggi dan hanya 4 siswa saja yang memiliki kemampuan berpikir kritis pada kategori sangat tinggi. Secara keseluruhan kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori sedang. Kemampuan berpikir kritis siswa paling tinggi adalah pada indikator strategi dan taktik dengan kriteria sedang, disusul dengan menyimpulkan, dan memberikan penjelasan dasar. Selanjutnya, kemampuan berpikir kritis siswa yang paling rendah adalah pada indikator membangun keterampilan dasar dan disusul dengan membuat penjelasan lebih lanjut. Kemampuan berpikir kritis siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki – laki dengan rata – rata nilai 73 dan berada pada kriteria sedang. Sedangkan rata – rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa laki – laki hanya 64 dan berada pada kriteria yang rendah. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa laki – laki dan perempuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 171 |
Keywords: | Kemampuan berpikir kritis; ekosistem; gender |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 14:02 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34507 |