WAHYUNI, VISHA (2018) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141121078 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 4141121078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM 4141121078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4. NIM 4141121078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM 4141121078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
6. NIM 4141121078 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM 4141121078 TABLE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 4141121078 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM 4141121078 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
13. NIM 4141121078 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM 4141121078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor Fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantu media pembelajaran komik Fisika pada materi Momentum dan Impuls. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretes dan postes. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 3 Binjai T.P 2017/2018 yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Random Sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA 3 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantu media pembelajaran komik Fisika dan kelas X MIA 4 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid, penilaian afektif, dan penilaian psikomotor.
Berdasarkan data pretes diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji t dua pihak diperoleh thitung = 1,712, ttabel = 2,012 (thitung < ttabel). Hal ini menyatakan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah perlakuan diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung = 1,922, ttabel = 1,676 (thitung > ttabel). Hal ini menyatakan ada perbedaan yang signifikan akibat efek model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantu media pembelajaran komik fisika terhadap hasil belajar siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 130 |
Keywords: | Gi; Komik Fisika; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 13:45 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34484 |