SIREGAR, NURHIJRIYAH KAM (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143121038 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 4143121038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
3. NIM. 4143121038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM. 4143121038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM. 4143121038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM. 4143121038 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 4143121038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM. 4143121038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 4143121038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
13. NIM. 4143121038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14. NIM. 4143121038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester genap SMA Negeri 9 Medan T.P 2017/2018 dan mengetahui aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 7 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIPA-3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas X MIPA-4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu instrumen pertama tes hasil belajar dalam bentuk soal essay test yang telah divalidasi sebelumnya oleh 2 orang validator dan instrumen kedua observasi aktivitas belajar siswa dan penilain keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model problem based learning berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan aktivitas belajar serta keterampilan siswa menggunakan model problem based learning meningkat setiap pertemuannya sehinga model pembelajaran problem based learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 132 |
Keywords: | Model Problem Based Learning, Pembelajaran Konvesional, Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:52 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34466 |