PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

SIREGAR, NURHIJRIYAH KAM (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143121038 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143121038 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4143121038 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4143121038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4143121038 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4143121038 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4143121038 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4143121038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4143121038 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143121038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4143121038 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4143121038 TABLES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4143121038 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4143121038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4143121038 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4143121038 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143121038 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143121038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143121038 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143121038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143121038 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143121038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester genap SMA Negeri 9 Medan T.P 2017/2018 dan mengetahui aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 7 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIPA-3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas X MIPA-4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu instrumen pertama tes hasil belajar dalam bentuk soal essay test yang telah divalidasi sebelumnya oleh 2 orang validator dan instrumen kedua observasi aktivitas belajar siswa dan penilain keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model problem based learning berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan aktivitas belajar serta keterampilan siswa menggunakan model problem based learning meningkat setiap pertemuannya sehinga model pembelajaran problem based learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 132
Keywords: Model Problem Based Learning, Pembelajaran Konvesional, Aktivitas, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 11:52
Last Modified: 25 Feb 2020 04:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34466

Actions (login required)

View Item
View Item