HARAHAP, NISRINA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 STABAT T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141121044 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 4141121044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. NIM. 4141121044 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4. NIM. 4141121044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM. 4141121044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. NIM. 4141121044 ILUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 4141121044 TABLE.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. NIM. 4141121044 APPENDDICES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM. 4141121044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
13. NIM. 4141121044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
14. NIM. 4141121044 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Stabat T.P. 2017/2018. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-postest. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat sebanyak 6 kelas dan sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen X MIA-6 dan kelas kontrol X MIA-5 yang masing-masing berjumlah 31 orang siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar keterampilan proses sains dalam bentuk essay dengan jumlah soal 8 buah. Aktivitas keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh observer. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry diperoleh rata-rata pretest 31,61 dengan standar deviasi 10,28 dan nilai rata-rata posttest 67,42 dengan standar deviasi 10,48. Pada uji t pretest diperoleh nilai pretest thitung < ttabel yaitu 0,64 < 2,00 maka H0 diterima, sehingga kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata pretest 30,00 dan standar deviasi 9,75 sedangkan rata-rata posttest 59,52 dengan standar deviasi 10,44. Selama proses pembelajaran diperoleh korelasi hasil belajar dengan nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eskperimen adalah 0,66 termasuk dalam kategori kuat. Sementara untuk nilai rata-rata sikap adalah 66,40 termasuk dalam kategori baik. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 2,98 sedangkan ttabel adalah 1,67 (2,98 > 1,67). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Stabat T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 146 |
Keywords: | Scientific Inquiry; Keterampilan Proses Sains; Usaha Dan Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:18 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34414 |