PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 STABAT T.P. 2017/2018

HARAHAP, NISRINA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 STABAT T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4141121044 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4141121044 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4141121044 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4141121044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4141121044 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4141121044 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4141121044 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4141121044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4141121044 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4141121044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4141121044 ILUSTRATION_docx.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4141121044 ILUSTRATION_docx.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4141121044 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4141121044 TABLE.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4141121044 APPENDDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4141121044 APPENDDICES.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4141121044 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4141121044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4141121044 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4141121044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4141121044 BIBLIOGRAFI.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4141121044 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Stabat T.P. 2017/2018. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-postest. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat sebanyak 6 kelas dan sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen X MIA-6 dan kelas kontrol X MIA-5 yang masing-masing berjumlah 31 orang siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar keterampilan proses sains dalam bentuk essay dengan jumlah soal 8 buah. Aktivitas keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh observer. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry diperoleh rata-rata pretest 31,61 dengan standar deviasi 10,28 dan nilai rata-rata posttest 67,42 dengan standar deviasi 10,48. Pada uji t pretest diperoleh nilai pretest thitung < ttabel yaitu 0,64 < 2,00 maka H0 diterima, sehingga kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata pretest 30,00 dan standar deviasi 9,75 sedangkan rata-rata posttest 59,52 dengan standar deviasi 10,44. Selama proses pembelajaran diperoleh korelasi hasil belajar dengan nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eskperimen adalah 0,66 termasuk dalam kategori kuat. Sementara untuk nilai rata-rata sikap adalah 66,40 termasuk dalam kategori baik. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 2,98 sedangkan ttabel adalah 1,67 (2,98 > 1,67). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Stabat T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 146
Keywords: Scientific Inquiry; Keterampilan Proses Sains; Usaha Dan Energi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 11:18
Last Modified: 24 Feb 2020 07:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34414

Actions (login required)

View Item
View Item