SIMANGUNSONG, AVEN KRISTIN (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4143331004 JUDUL.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2.NIM 4143331004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
3.NIM 4143331004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4.NIM 4143331004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5.NIM 4143331004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6.NIM 4143331004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7.NIM 4143331004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8.NIM 4143331004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
9.NIM 4143331004 BAB I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
13.NIM 4143331004 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14.NIM 4143331004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan sampel 32 siswa dari kelas X MIA-4 (kelas ekperimen) dan kelas X MIA-2 (kelas kontrol) dengan teknik random sampling. Data penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan M3PK dengan model pembelajaran konvensional. Persen peningkatan hasil belajar siswa di SMAN 14 Medan pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran M3PK adalah sebesar 88 %, dan pada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional adalah sebesar 84%. Dari pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thiung 5,58 sedangkan ttabel 1,62 sehingga thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan M3PK Simson Tarigan lebih tinggi dari hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan hidrolisis garam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 144 |
Keywords: | MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK); HASIL BELAJAR; HIDROLISIS GARAM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 09:11 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 06:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34240 |