LINGGA, LAILA SARTIKA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING-HEURISTIC DENGAN TEKNIK OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN TP. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342022_COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM. 7143342022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
3. NIM. 7143342022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. NIM. 7143342022_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. NIM. 7143342022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 7143342022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM. 7143342022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM. 7143342022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM. 7143342022_BAB I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
13. NIM. 7143342022_BAB V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
14. NIM. 7143342022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 7 Medan melalui penerapan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving – Heuristic dengan teknik Open Ended di kelas XI akuntansi SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan subjek siswa kelas XI akuntansi 2 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencananaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan berpikir kritis belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan untuk analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah 64,19 dimana 34% siswa yang memenuhi standart ketuntasan belajar. Setelah dilakukannya tindakan siklus I nilai rata-rata 73,29 dengan 71,43% siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar dan setelah diadakannya sikulus II nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 81,43 dengan 88,57% siswa yang tuntas. Untuk kemampuan berpikir kritis siswa juga menunjukkan peningkatan dari 31% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving – Heuristic dengan teknik Open Ended pada materi akuntansi dana kas kecil di kelas XI akuntansi 2 SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 membuktikan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 063 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristic Dengan Teknik Open Ended |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 09:08 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34233 |