PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 105287 TEMBUNG T.A 2017/2018

SARI, MAYANG NOVITA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 105287 TEMBUNG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1141111050_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1141111050_COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1141111050_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1141111050_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1141111050_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1141111050_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1141111050_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1141111050_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1141111050_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1141111050_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1141111050_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1141111050_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1141111050_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1141111050_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1141111050_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1141111050_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1141111050_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1141111050_BAB I.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1141111050_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1141111050_BAB V.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1141111050_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1141111050_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan antara pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition dan tipe reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata
pelajaran pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 105287 Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 105287 Tembung pada semester genap Tahun Ajaran 2017/2018.
Populasi merupakan seluruh siswa kelas V SD Negeri 105287 Tembung Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 58 orang. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V A 28 siswa dan V B 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu Pre Test dan Post Test. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan tipe reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca
pemahaman siswa. Hasil tes membaca pemahaman menggunakan model CIRC pada kelas eksperimen I diperoleh dari data pretest dengan nilai rata-rata ( X = 57,14) dengan standar deviasi 17,18 dan nilai posttest dengan nilai rata-rata ( X 2 = 79,29) dengan standar deviasi 8,46. Hasil tes membaca pemahaman menggunakan model reciprocal teaching pada kelas eksperimen II diperoleh dari data pretest dengan nilai rata-rata ( X = 55,5) dengan standar deviasi 17,53 dan nilai posttest dengan nilai ratarata
( X 2 = 73,83) dengan standar deviasi 10,81. Hasil uji normalitas menunjukkan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan tipe reciprocal teaching berdistribusi normal. Untuk kelas eksperimen I Lo (0,143) < Ltabel (0,173) dan untuk kelas
eksperimen II Lo (0,067) < Ltabel (0,161). Hasil uji homogenitas menunjukkan Fhitung < Ftabel = 1,62 < 1,89 disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Hasil uji
hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dengan perolehan thitung > ttabel = 2,150 > 2,003. Dengan demikian hasil penelitian yang telah dilakukan dan dari analisis data
dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa yang
menggunakan tipe CIRC lebih tinggi dibandingkan dengan tipe Reciprocal Teaching. Oleh karena itu, peneliti menyarankan guru dapat menggunakan model pembelajaran CIRC dalam Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 442
Keywords: Model pembelajaran, Pembelajaran kooperatif, CIRC, Reciprocal Teaching, Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 15:16
Last Modified: 05 Nov 2019 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34155

Actions (login required)

View Item
View Item