SIMANUNGKALIT, EVA HENNITA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DISERTAI MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SEL DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141025 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 4141141025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM. 4141141025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. NIM 4141141025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 4141141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM. 4141141025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4141141025 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4141141025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 4141141025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
13. NIM. 4141141025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4141141025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) disertai media gambar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sel di kelas XI MIA SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Kabanjahe yang terdiri atas 6 kelas dengan 2 kelas sampel yang diambil secara purposif sampel. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berjumlah 25 soal sesuai dengan jenis soal berpikir kritis Watson-Glaser Critical Appraisal (W-GCTA) yang dikembangkan oleh peneliti sendiri. Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai rata-rata postes kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 76,56 (SD = 8,08). Dibandingkan nilai rata-rata postes kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas kontrol yaitu 71,33 (SD = 8,84). (2) Analisis pengujian hipotesis hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung > ttabel (3,0946 > 1,9967) dan dk = n+n-2 = 70, yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) disertai media gambar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 222 |
Keywords: | Think-Pair-Share (Tps); Media Gambar; Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 09:16 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33726 |