Nasution, Rahmadina (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA LECTORA INSPIRE, DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP NILAI KOGNITIF SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166141014 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 8166141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
3. NIM. 8166141014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
4. NIM. 8166141014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 8166141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
6. NIM. 8166141014 TABLES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 8166141014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM. 8166141014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM. 8166141014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
13. NIM. 8166141014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 8166141014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL dan GI berbantuan media Lectora Inspire, sikap ilmiah, serta interaksi kedua model dengan sikap ilmiah terhadap nilai kognitif. Desain penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2×2 dimana model pembelajaran sebagai faktor A dan sikap ilmiah sebagai faktor B. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA regular, dan yang digunakan menjadi sampel berjumlah 62 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif berupa soal pilihan ganda untuk mengukur nilai kognitif dan lembar observasi untuk mengukur sikap ilmiah. Instrumen yang digunakan telah valid dan reliabel. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Twoway ANAVA pada program SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran PBL dan GI berbantuan media Lectora Inspire terhadap nilai kognitif siswa dengan signifikansi 0,465, terdapat pengaruh sikap ilmiah terhadap nilai kognitif siswa dengan signifikansi 0,000, dan tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran PBL dan GI dengan sikap ilmiah dalam mempengaruhi nilai kognitif siswa pada pokok bahasan sistem koloid dengan signifikansi 0,603. Simpulan penelitian ini adalah Model pembelajaran PBL berbantuan media Lectora Inspire dan GI berbantuan media Lectora Inspire tidak memberikan pengaruh terhadap nilai kognitif siswa, siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi berpengaruh positif terhadap nilai kognitif dibanding siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah, serta tidak terdapat interaksi antara kedua model pembelajaran dengan kategori sikap ilmiah dalam mempengaruhi nilai kognitif siswa.
Kata Kunci: problem based learning, guided inquiry, sikap ilmiah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 547 Nas p |
Keywords: | Hasil Belajar; Sistem Koloid; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 03:12 |
Last Modified: | 21 Mar 2019 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33624 |