Saragih, Siti Hanijah (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP SWASTA TAMORA 2. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156171069 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 8156171069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
3. NIM 8156171069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. NIM 8156171069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM 8156171069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM 8156171069 TABLES.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM 8156171069 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 8156171069 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8156171069 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
13. NIM 8156171069 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model pembelajaran matematika knisley; (2) efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model pembelajaran matematika knisley; (3) apakah kemampuan pemahaman matematis siswa dapat menigkat dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model pembelajaran matematika knisley; (4) apakah disposisi matematis siswa dapat meningkat dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model pembelajaran matematika knisley. Peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran berupa buku guru, buku siswa, lembar kerja siswa (LKS) dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Validasi perangkat pembelajaran dilakukan oleh 3 orang ahli dan dua orang praktisi dan memperoleh nilai rata-rata total validitas berada pada interval 4 ≤ Va < 5 dengan kriteria valid. Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan melalui model matematika knisley dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa SMP Swasta Tamora 2 yang dikembangkan adalah efektif. Berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman matematis pada uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa peningkatan rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa yaitu sebesar 4,12. Berdasarkan hasil angket disposisi matematis siswa pada uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa adanya peningkatan disposisi matematis siswa yaitu sebesar 0,61.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sar p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Matematika Knisley, Kemampuan Pemahaman Matematis, Disposisi Matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Mar 2019 09:46 |
Last Modified: | 14 Mar 2019 09:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33564 |