Simbolon, Sarda (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DI KELAS VIII SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 02 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 4133311073 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
02. 4133311073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
03. 4133311073 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
04. 4133311073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
05. 4133311073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
06. 4133311073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
07. 4133311073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
08. 4133311073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
09. 4133311073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
10. 4133311073 BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
14. 4133311073 BAB V.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
15. 4133311073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan tipe STAD di kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 02 Medan pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Sebagai alat pengumpul data digunakan data pretes dan postes dalam bentuk tes pilihan berganda, dimana masing-masng soal berjumlah 15 soal yang sudah divalidkan kepada tiga orang validator yang terdiri dari 2 orang dosen matematika, 1 orang guru matematika.
Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas tes menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes pretes kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil penelitian setelah diberi perlakuan selama dua kali pertemuan, yaitu pada kelas eksperimen I dengan model Think-Pair-Share diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,8 dan kelas eksperimen II dengan model Student Teams Achievement Division diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,74. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari data postes diperoleh thitung = 2,123 dan ttabel = 1,9973 dengan α = 0,05 dan dk = 68. Sesuai dengan kriteria pengujian terima H0 jika -1,9973 < thitung < 1,9973 dan tolak H0 untuk harga t lainnya, karena thitung = 2,123 tidak berada pada daerah penerimaan H0 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran tipe TPS (Think-Pair-Share) dan STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Sw Muhammadiyah 02 Medan tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 097 |
Keywords: | Hasil Belajar; Think Pair Share; Student Teams Achievement Division |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 15:20 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33369 |